Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP

Syawal Januar, 180205082 (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang video pembelajaran matematika] Text (Membahas tentang video pembelajaran matematika)
SKRIPSI SYAWAL JANUAR _ PMA _ FTK_ UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Membahas tentang video pembelajaran matematika] Text (Membahas tentang video pembelajaran matematika)
SYAWAL JANUAR _ PMA _ FTK_ cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 tentu mempunyai dampak besar, khususnya guru dan peserta didik. Perubahan ini menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran. Dikarenakan kurangnya pelatihan dan praktik dalam penerapan model pembelajaran menjadi alasan yang paling jelas. Dalam masalah ini kebanyakan guru hanya memahami model pembelajaran dari teorinya, namun berbanding terbalik dengan praktiknya. Dari masalah tersebut seharusnya guru diberikan pedoman dalam menerapkan model pembelajaran kurikulum 2013 salah satunya dengan diberikan video pembelajaran matematika berbasis problem based learning di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan video pembelajaran berbasis problem based learning di SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model 4D (four-D). Model ini mempunyai empat tahapan yaitu pendefenisisan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi RPP, LKPD , dan modul. Berdasarkan penilaian dari para ahli dan uji kepraktisan menyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan praktis. (1) dari ahli perangkat pembelajaran dan ahli media mengungkapkan video pembelaajran berbasis problem based learning di SMP layak untuk digunakan. (2) dari uji coba skala kecil yang dilakukan tiga responden memperoleh persentase positif adalah 89,35% yang termasuk praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Syawal Januar
Date Deposited: 30 Jan 2025 05:48
Last Modified: 30 Jan 2025 05:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43145

Actions (login required)

View Item
View Item