Penerapan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas IV-1 SDN 20 Banda Aceh

Maulida, 200201004 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas IV-1 SDN 20 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran word square] Text (Membahas tentang model pembelajaran word square)
Maulida, 200201004, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran word square] Text (Membahas tentang model pembelajaran word square)
Maulida, 200201004, FTK, PAI cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Word Square dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IV-1 SDN 20 Banda Aceh. Tujuan spesifik dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran ini, serta peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Word Square. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model arikunto yang dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes, observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II, dengan persentase nilai observasi meningkat dari 80,76% menjadi 91,34%, yang dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, dari 83,33% pada siklus I menjadi 90,27% pada siklus II, menunjukkan kualitas pembelajaran yang semakin baik. espons siswa terhadap model pembelajaran Word Square sangat positif, dengan persentase rata-rata 89%, yang juga dikategorikan sangat baik. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata meningkat dari 51,6 pada pre-test menjadi 83,2 pada post-test siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84,8 pada post-test siklus II. Persentase ketuntasan klasikal siswa juga meningkat dari 4% pada pre-test menjadi 88% pada post-test siklus I, dan mencapai 92% pada post-test siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Word Square efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV-1 SDN 20 Banda Aceh. Model pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga memperbaiki kualitas aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:55
Last Modified: 03 Feb 2025 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43201

Actions (login required)

View Item
View Item