Penggunaan Macromedia flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA DiKelas IV MIN 3 Aceh Besar

Rizki Andriani, 170209130 (2024) Penggunaan Macromedia flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA DiKelas IV MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang penggunaan Macromedia Flash] Text (Membahas tentang penggunaan Macromedia Flash)
Rizki Andriani, 170209130 (2024) cover- bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang penggunaan Macromedia Flash] Text (Membahas tentang penggunaan Macromedia Flash)
Rizki Andriani, 170209130 (2024).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dikelas IV MIN 3 Aceh Besar, diperoleh data berupa nilai kreteria ketuntasan minimum (KKM) Siswa pada pembelajaran IPA masih rendah selain itu aktivitas siswa juga masih belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian tentang penggunaan Macromedia flash telah dilakukan pada kelas IV MIN 3 Aceh Besar dengan tujuan (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan penggunaan Macromedia flash pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 3 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan penggunaan Macromedia flash pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 3 Aceh Besar (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Adapun Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 55,76% dengan kategori penilaian kurang dan siklus II mendapatkan hasil persentase sangat baik dengan nilai persentase sebesar 90,38%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 5 5,43% dengan kategori penilaian kurang dan pada siklus II memperoleh angka persentase sebesar 84,78% dengan kategori penilaian sangat baik. Hasil belajar siklus I mendapat persentase sebesar 55% termasuk kategori kurang dan pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 87,5% kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizki Andriani Andriani
Date Deposited: 06 Feb 2025 11:48
Last Modified: 06 Feb 2025 11:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43212

Actions (login required)

View Item
View Item