Maya Ghufra Yuzar, 200205030 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of membahas tentang kemampuan berpikir kreatif]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Maya Gufra Yuzar (200205030).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
![[thumbnail of membahas tentang kemampuan berpikir kreatif]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak dan Bab 1 Maya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Kenyataan di lapangan kemampuan berikir kreatif masih kurang dimiliki siswa disebabkan model pembelajaran yang diterapkan kurang dapat mengoptimalkan berkembangnya proses berpikir kreatif siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pembelajaran Treffinger pada materi Aljabar dan Aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji statistik-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas kontrol adalah 9,05 sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 12,75. Setelah dilakukan uji-t diperoleh 6,3453 > 1,675, yang bermakna bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model Treffinger dengan siswa yang belajar dengan model konvensional bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan dengan model treffinger lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajan konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar > 512.9 Dasar-dasar Aljabar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maya Ghufra Yuzar |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 04:26 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 04:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43437 |