Rizal Fahmi, 150211090 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizal Fahmi, 150211090, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didikm(LKPD) Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Muhamm.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizal Fahmi, 150211090, Cover & BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Inovasi model pembelajaran diperlukan guna mendukung perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif. Model Pembelajaran Think Talk Write merupakan model yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis dengan lancar,tujuan penelitian ini adalah hasil validasi media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pelajaran Rangkaian Elektronika di SMK Muhammadiyah Banda Aceh serta untuk mngetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data digunakan teknik pretest dan postftest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKPD yang sudah layak, baik dilihat dari aspek bahasa maupun materi pada media LKDP tersebut. Kemudian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa yang ditandai adanya peningkatan nilai rata-rata pree test sebesar 69,58 naik menjadi 79,58 pada tahap post test. Kemudian diperkuat dengan perolehan nilai p = 0,001 < 0,05. Artinya Ha diterima, artinya penerapan model pembelajaran tipe Think Talk Write berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKPD) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Rizal Fahmi |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:32 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43463 |