Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle Pada Materi Segi Empat Di MTs/SMP

Safira Khumairah, 180205047 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle Pada Materi Segi Empat Di MTs/SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle Pada Materi Segi Empat Di MTs/SMP] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle Pada Materi Segi Empat Di MTs/SMP)
Safira Khumairah, 180205047, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle Pada Materi Segi Empat Di MTs/SMP] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle Pada Materi Segi Empat Di MTs/SMP)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Konstruksi pengetahuan adalah kegiatan atau proses mental seorang siswa dalam menemukan dan mengubah informasi yang diperoleh sehingga terbentuk pemahaman atau tafsiran secara menyeluruh tentang suatu pengetahuan. Teori learning cycle adalah suatu teori yang berbasis konstruktivisme tentang rangkaian tahap-tahap kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif. Sedangkan teori segi empat yang dikaji pada penelitian ini adalah persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, belah ketupat, dan layang-layang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diperoleh bahwa lembar kerja peserta didik yang dirancang guru belum sesuai dengan apa yang diharapkan untuk menuntut peserta didik dapat mengkonstruk pengetahuan, Lembar Kerja Peserta Didik hanya berisi soal-soal yang membuat peserta didik tidak mengetahui konsep yang ada sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian pengembangan ini yaitu (1) Untuk mengetahui proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle pada materi segi empat di MTs/SMP, dan (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle pada materi segi empat di MTs/SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis learning cycleyang dikembangkan memenuhi kategori valid yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang memperoleh skor rata-rata 92,8%. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis lembar angket respon peserta didik diperoleh skor rata- rata adalah 81,7% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian lembar kerja peserta didik dikatakan dalam kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 511 Prinsip Umum Matematika > 511.3 Logika matematika (Logika simbol)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Safira Khumairah
Date Deposited: 11 Mar 2025 02:58
Last Modified: 11 Mar 2025 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43684

Actions (login required)

View Item
View Item