Marwah Muthmainnah, 180205058 (2023) Analisis Koneksi Matematis Menyelesaikan Soal Kompetisi Siswa dalam Sains Madrasah (KSM). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Membahas tentang koneksi matematis]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Marwah Muthmainnah, 180205058, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
![[thumbnail of Membahas tentang koneksi matematis]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Koneksi matematis harus dimiliki oleh siswa agar konsep yang telah diterima siswa selama proses pembelajaran dapat diaplikasikan ke dalam penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Melalui koneksi matematis wawasan siswa pada matematika akan semakin luas salah satunya dalam menyelesaikan soal KSM (Kompetisi Sains Madrasah). Pelaksanaan KSM dapat memberikan stimulus yang baik untuk siswa dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah atau madrasah Namun kenyataannya koneksi matematis siswa di MAN 2 Aceh Besar beragam, diantaranya siswa kurang dalam latihan soal untuk menghubungkan antar materi sehingga kesulitan menyelesaikan soal yang berbeda dari yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan koneksi matematis pada siswa dalam menyelesaikan soal KSM. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar soal tes koneksi matematis dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu dengan cara mengumpulkan data dengan waktu yang berbeda. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 4 siswa MAN 2 Aceh Besar yang sesuai dengan pertimbangan, yaitu: siswa yang sudah pernah mengikuti KSM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa XII MAN 2 Aceh Besar belum mampu memenuhi semua indikator koneksi matematis. Penerapan koneksi matematis siswa yang berada pada kategori baik mampu memenuhi 2 dari 3 indikator koneksi matematis yaitu menggunakan keterkaitan antar ide-ide matematika dan mengaplikasikan ide-ide matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dengan koneksi matematis kategori cukup hanya memenuhi 1 dari 3 indikator koneksi matematis yaitu mengaplikasikan keterkaitan antar ide-ide matematika. Kurangnya keterpenuhan pencapaian indikator koneksi disebabkan oleh kurang menguasai beberapa konsep, tidak teliti dalam memahami masalah dan kurang penguatan pembelajaran lanjutan di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Marwah Muthmainnah |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:10 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43685 |