Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Rillia Hartuti, 150209014 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching] Text (Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching)
Rillia Hartuti ,150209014, FTK,PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching] Text (Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching)
Skripsi Rillia Hartuti Cover- Bab1-1-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran tematik yang dilakukan disekolah MIN 25 Aceh Besar tahun ajaran 2021/2022 masih sangat tergolong minim. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jumlah siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, karena pembelajaran terkesan monoton sehingga siswa menjadi mudah jenuh, karena guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga mengakibatkan tidak adanya peningkatan pada hasil belajar. Jadi menurut saya sangat perlu adanya penerapan model khusus yang di terapkan guru untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model Reciprocal Teaching merupakan model pembelajaran yang sangat bagus untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti menerapkan model Reciprocal Teaching pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 81,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85%. Aktivitas siswa meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 93,33% padas siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kualias pembelajaran tematik materi pada materi gaya, gerak, dan cerita fiksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rillia Hartuti
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:34
Last Modified: 11 Mar 2025 06:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43698

Actions (login required)

View Item
View Item