Nadira, 180212060 (2025) Pengaruh Keterampilan Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) Dalam Bidang Publikasi Ilmiah Pada Guru di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Literasi Digital, PKB Dalam Publikasi Ilmiah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nadira, 180212060, FTK, PTI, 082281406452.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Literasi Digital, PKB Dalam Publikasi Ilmiah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nadira, 180212060, FTK, PTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, keterampilan literasi digital merupakan kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh tenaga pendidik, termasuk guru. Literasi digital mencakup kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif dan efisien untuk mencari, menganalisis, serta memanfaatkan informasi dalam proses pembelajaran dan kegiatan profesional lainnya, termasuk publikasi ilmiah. Beberapa guru di SMAN 1 Baitussalam menghadapi kendala dalam memanfaatkan keterampilan literasi digital untuk menghasilkan karya ilmiah berkualitas. Penelitian ini bertujuan mendalami kesiapan dan pengaruh literasi digital dalam mendukung pengembangan kompetensi berkelanjutan di bidang publikasi ilmiah pada guru SMAN 1 Baitussalam. Pendekatan yang digunakan adalah mix method dengan sampel sebanyak 41 pegawai. Hasil penelitian berdasarkan wawancara menunjukkan bahwa kesiapan guru SMAN 1 Baitussalam dalam menghadapi literasi digital untuk pengembangan kompetensi berkelanjutan di bidang publikasi ilmiah masih terbatas. Guru cenderung bergantung pada pihak lain karena kurangnya pemahaman dan keterampilan teknis, terutama pada guru yang lebih senior yang mengalami kesulitan beradaptasi dengan teknologi serta keterbatasan waktu. Dari analisis statistik menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh signifikan terhadap pengembangan kompetensi berkelanjutan dalam publikasi ilmiah di SMAN 1 Baitussalam, dengan nilai t hitung sebesar 5,920 yang lebih besar dari t tabel 2,026, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya, literasi digital berpengaruh positif terhadap pengembangan kompetensi berkelanjutan dalam publikasi ilmiah di kalangan guru SMAN 1 Baitussalam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Nadira Nadira |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:06 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43838 |