Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Hikmatul Fajarna, 180205035 (2025) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Literasi Matematis, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)] Text (Kemampuan Literasi Matematis, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM))
BAB I Hikmatul Fajarna, 180205035, FTK, PMA, 089613548129.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Kemampuan Literasi Matematis, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)] Text (Kemampuan Literasi Matematis, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM))
Hikmatul Fajarna, 180205035, FTK, PMA, 089613548129.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang memuat kompetensi dasar di bidang matematika. Kemampuan literasi matematis sangat penting untuk dikuasai oleh siswa agar matematika tidak hanya dipahami dari segi materi saja namun juga dapat menggunakan matematika untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kehidupan nyata. Namun pada kenyataannya masih terdapat permasalahan terkait kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal model Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini 3 orang siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar, yaitu masing-masing siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, soal tes kemampuan literasi matematis dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, yaitu pemberian soal nomor 1 dan soal nomor 2 pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis, yaitu Formulate, Employ, dan Interpret. Sedangkan Subjek dengan kemampuan matematika sedang dan rendah tidak memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hikmatul Fajarna
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:37
Last Modified: 25 Mar 2025 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43872

Actions (login required)

View Item
View Item