Indah Fajri, 180205054 (2025) Pengaruh Intelligence Quotient Dan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Intelligence Quotient, Open ended, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I Indah Fajri, 180205054, FTK, PMA, 085261465457.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
![[thumbnail of Intelligence Quotient, Open ended, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Indah Fajri, 180205054, FTK, PMA, 085261465457.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Intelligence Quotient terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, (2) mengetahui pengaruh Pendekatan Open ended dan Pendekatan Open ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan (3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pendekatan open-ended dengan inteliigence quotien (iq) tinggi serta inteliigence quotien (iq) rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 di Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava 2 jalur. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengujian hiotesis menggunakan uji analisis variansi 2 jalan , dengan taraf signifikan 5% diperoleh hipotesis pertama F_(hitung(A))=83,870>〖F_tabel=F〗_((α)(〖DK〗_A 〖,DK〗_E) )=F_((0,05)(1,55))=4,021, maka tolak H_0 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, hipotesis kedua diperoleh F_(hitung(B))=3,175>〖F_tabel=F〗_((α)(〖DK〗_B 〖,DK〗_E) )=F_((0,05)(2,55))=3,16, maka tolak H_0 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki intelligence quotien (iq) tinggi dan siswa yang memiliki inteliigence quotien (iq) rendah, hipotesis 3 diperoleh F_(hitung(AB))=-2,473<〖F_tabel=F〗_(α)(〖DK〗_AB 〖,DK〗_E ) =F_(0,05)(2,55) =3,16, maka terima H_0 dan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pendekatan open-ended dengan inteliigence quotien (iq) tinggi serta inteliigence quotien (iq) rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Indah Fajri |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:42 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43873 |