Problematika Pengucapan Huruf Jim, Dhal Dan Zai Pada Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Kecamatan Kute Panang Aceh Tengah

Dilla Prastya Bensu, 180303011 (2025) Problematika Pengucapan Huruf Jim, Dhal Dan Zai Pada Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Kecamatan Kute Panang Aceh Tengah. Other thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of Problematika Pengucapan Makharijul Huruf] Text (Problematika Pengucapan Makharijul Huruf)
Dilla Prastya Bensu, 180303011, FUF, IAT, 082294103290.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Problematika Pengucapan Makharijul Huruf] Text (Problematika Pengucapan Makharijul Huruf)
Dilla Prastya Bensu cover - bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya kefasihan dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya menjadi aspek krusial dalam membaca al-Quran, mengingat isi al-Quran merupakan wahyu yang harus dibaca dengan benar agar tidak menyebabkan kesalahan pemahaman. Penelitian ini berfokus pada problematika pengucapan huruf jīm, dhāl, dan zai di kalangan peserta didik TPQ di Desa Timang Rasa, Kecamatan Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah. Berdasarkan observasi awal, ditemukan kesulitan signifikan dalam melafalkan huruf-huruf tersebut, yang sering kali salah pengucapannya dan tidak sesuai dengan makhraj yang benar. Masalah ini juga ditemukan pada masyarakat setempat, yang berakar dari kurangnya pemahaman tentang makharijul huruf dan pengaruh bahasa daerah yang berbeda fonetiknya dengan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan pengucapan dan solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran al-Quran di TPQ tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menganalisis kesulitan pelafalan huruf-huruf hijaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam melafalkan huruf jīm, dhāl, dan zai akibat kurangnya pemahaman makhrajul huruf dan pengaruh bahasa daerah. Kendala utama meliputi metode pengajaran yang kurang efektif, minimnya penggunaan media pembelajaran, dan kurangnya koreksi langsung. Solusi yang ditawarkan mencakup pengajaran yang lebih terstruktur, pelatihan intensif, serta penggunaan rekaman audio dan video untuk memperjelas perbedaan fonetik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Dilla Prastya Bensu
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:21
Last Modified: 16 Apr 2025 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44041

Actions (login required)

View Item
View Item