Penggunaan Media Spin Game Untuk Memperbaiki Kemampuan Berbicara Di MIN 3 Aceh Besar

Wilda Qanita, 180202046 (2025) Penggunaan Media Spin Game Untuk Memperbaiki Kemampuan Berbicara Di MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran] Text (Membahas tentang model pembelajaran)
Wilda Qanita, 180202046, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran] Text (Membahas tentang model pembelajaran)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti pada kelas 5a di MIN 3 Aceh Besar, para siswa masih kurang mampu untuk berbicara dalam bahasa Arab dengan benar, karena mereka masih tidak banyak menghafal mufradat dalam bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media dan metode yang tepat, hanya menggunakan metode ceramah saja. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengatasinya dengan mengajarkan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Spin Game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Spin Game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab, dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Spin Game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen One Group Pre-test, Post-Test Design. Peneliti mengambil sampel penelitian pada kelas 5a yang berjumlah 26 siswa. Adapun alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media Spin Game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara sangat baik, terbukti dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa sebesar 82,5%. Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Spin Game efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan tingkat signifikasi (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wilda Qanita
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:32
Last Modified: 17 Apr 2025 07:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44081

Actions (login required)

View Item
View Item