Penerapan Metode Sam’iyyah As Shafahiyah Pada Pembelajaran Imla’ “Penelitian Kuantitatif di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh”

Aisyah Fadhila, 180202141 (2025) Penerapan Metode Sam’iyyah As Shafahiyah Pada Pembelajaran Imla’ “Penelitian Kuantitatif di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh”. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Sam’iyyah As Shafahiyan,pembelajran imla’] Text (Sam’iyyah As Shafahiyan,pembelajran imla’)
Aisyah Fadhila, 180202141, FTK, PBA, 082363122431.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Sam’iyyah As Shafahiyan,pembelajran imla’] Text (Sam’iyyah As Shafahiyan,pembelajran imla’)
Aisyah Fadhila, 180202141, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan peneliti pada kelas VII-2 didayah Darul Ulum Banda Aceh, para siswa belum mampu untuk menulis bahasa Arab dengan benar,karena mereka tidak bisa menghubungkan dan memisahkan huruf- hurufnya dengan sempurna. Dalam proses pembelajaran,guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat,hanya menggunakan metode ceramah saja, berdasarkan permasalahan tersebut,peneliti ingin mengatasinya dengan menggunakan Meode Sam’iyah Syafahiyah Pada Pembelajaran Imla’. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktifitas siswa dalam penerapan metode Sam’iyah Syafahiyah Pada Pembelajaran Imla’,dan untuk mengetahui efektivitas siswa dalam penerapan Sam’iyah Syafahiyah Pada Pembelajaran Imla’. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen One Group Pre-Test.Post,Test Design. Peneliti mengambil sampel pada kelas VII-2 yang berjumlah 21 siswa. Adapun alat yang digunakan penelitian untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Sam’iyah Syafahiyah pada pembelajaran imla’ sangat baik,terbukti dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa sebesar 77,5%. Penerapan Metode Sam’iyah Syafahiyah evektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran imla’,dengan tingkat signifikansi (Asymp.sig.2-tailed)0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aisyah Fadhila
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:58
Last Modified: 22 Apr 2025 06:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44185

Actions (login required)

View Item
View Item