Alifia Zarrazir, 210206010 (2025) Pengelolaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Di TK IT Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Membahas tentang pendidikan karakter]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Alifia Zarrazir, 210206010, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Membahas tentang pendidikan karakter]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian anak, khususnya dalam menanamkan nilai kejujuran yang merupakan aspek utama dalam perkembangan moral anak hingga mereka dewasa. Keberhasilan guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak usia dini dapat dilihat melalui perubahan perilaku yang tercermin dalam aktivitas sehari-hari mereka. Anak-anak yang dibiasakan untuk berlaku jujur sejak dini cenderung tumbuh menjadi individu yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab. TK IT Al-Azhar Cairo Banda Aceh sudah menjalankan pendidikan karakter khusus nya karakter kejujuran namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses penanaman nilai- nilai kejujuran kepada anak, baik dari sisi personal guru maupun faktor eksternal yang berkaitan dengan lingkungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi karakter kejujuran anak di TK IT Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kemuridan dan guru. Data didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Perencanaan pendidikan karakter di TK IT Al-Azhar Cairo Banda Aceh meliputi a). penetapan tujuan pendidikan karakter yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, b). penyusunan tata tertib yang mendukung perilaku jujur, c). mengintegrasikan nilai-nilai kejujuran dalam kurikulum, d). menjalin kerja sama antara sekolah dengan orang tua. 2. Pelaksanaan pendidikan karakter di TK IT Al-Azhar Cairo Banda Aceh, guru memberikan contoh nyata melalui sikap jujur dan memberikan apresiasi kepada anak yang menunjukkan kejujuran. 3. Evaluasi pendidikan karakter di TK IT Al-Azhar Cairo Banda Aceh dilakukan melalui observasi langsung terhadap perilaku anak dan pembinaan langsung kepada anak serta mencatat perkembangan sosial emosional anak dalam rapor dan catatan anekdot.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alifia Zarrazir |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:31 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44232 |