Penggunaan Metode Team Assisted Individualization Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa

Nur Salma Dwi, 190202049 (2023) Penggunaan Metode Team Assisted Individualization Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Membahas tentang metode belajar] Text (Membahas tentang metode belajar)
Nur Salma Dwi, 190202049, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Membahas tentang metode belajar] Text (Membahas tentang metode belajar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti pada MA Insan qurani Aceh Besar, terdapat sebagian santri dayah insan qurani memiliki kesulitan dalam memahami teks bacaan bahasa arab, dan mereka juga kesulitan dalam menyampaikan kembali isi cerita yang terdapat dalam teks bacaan bahasa arab. Adapun upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode belajar menggunakan metode Team Assisted Individualization dengan menggunakan media cerita bergambar untuk meningkatkan kemempuan siswa dalam memahami teks bacaan bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa di dayah insan qurani dalam memahami teks bahasa arab menggunakan media Team assisted Individualization dengan menggunakan cerita bergambar. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre eksperimen dengan desain pretest dan posttest dalam satu desain kelompok. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan tes. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran pemahaman membaca berada pada tingkat tinggi, dan penerapan metode Team Assisted Individualization dengan menggunakan media cerita bergambar juga efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa arab. Hasil tersebut terbukti dari uji T yaitu Sig (0,000<0,05) . ini menunjukkan bahwa hipotesa nol (Ho) ditolak dan hipotesa a (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Salma Dwi
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:00
Last Modified: 23 Apr 2025 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44235

Actions (login required)

View Item
View Item