Model Pembinaan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Guru Pada MIN Se Kota Banda Aceh (Analisis Kontribusi Kepala Madrasah dan Pengawas)

Ummiyani, 201002004 (2024) Model Pembinaan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Guru Pada MIN Se Kota Banda Aceh (Analisis Kontribusi Kepala Madrasah dan Pengawas). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pembinaan karakter] Text (Membahas tentang pembinaan karakter)
Ummiyani, 201002004 (2025) cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Membahas tentang pembinaan karakter] Text (Membahas tentang pembinaan karakter)
Ummiyani, 201002004 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bentuk karakter disiplin dan tanggung jawab guru di MIN se Kota Banda Aceh, 2) Kontribusi kepala madrasah dan pengawas terhadap pembinaan karakter guru di MIN se Kota Banda Aceh, 3) Model pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab guru di MIN se Kota Banda Aceh, 4) Implikasi pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap guru di MIN se Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Banda Aceh dengan menggunakan tiga objek kajian yakni MIN 2, MIN 6 serta MIN 8 Kota Banda Aceh. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala MIN 2, 6 dan 8 serta pengawas MIN 2, 6 serta pengawas MIN 8 dan beberapa guru sebagai informan lain. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tekni reduksi, display dan penarikan kesimpulan, sedangkang uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Temuan penelitian menunjukkan; 1) Bentuk karakter disiplin dan tanggung jawab guru di MIN 2 Banda Aceh menyatakan bahwa 5 dari 11 guru memiliki karakter tidak disiplin dan tidak tanggung jawab, MIN 6 Model Banda Aceh menyentuh angka menunjukkan 5 orang guru dari 14 termasuk dalam guru dengan karakter tidak disiplin dan tidak tanggung jawab, sedangkan MIN 8 Banda Aceh menunjukkan 5 guru dari 12 termasuk dalam guru dengan karakter tidak disiplin dan tidak tanggung jawab, 2) Kontribusi kepala madrasah dan pengawas terhadap pembinaan karakter guru di MIN

2 Banda Aceh sebagai leader, motivator dan supervisor, MIN 6 Model Banda Aceh sebagai leader, manajer, supervisor dan motivator, MIN 8 Banda Aceh leader dan supervisor, 3) Model pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab guru di MIN 2 Banda Aceh secara langsung dan tidak langsung, MIN 6 Model Banda Aceh menggunakan model personal dan kelompok, MIN 8 Banda Aceh dengan model nasehat, 4) Implikasi pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap guru di MIN 2 Banda Aceh secara kalkulasi baru 3 orang guru dari 5 guru yang terindikasi karakter disiplin dan tanggung jawab menunjukkan perubahan signifikan, MIN 6 Model Banda Aceh 4 dari 5 orang guru yang terindikasi karakter tidak disiplin dan tidak tanggung jawab telah mampu menunjukkan perubahan maksimal, MIN 8 Banda Aceh 3 orang guru dari 5 guru menunjukkan perubahan signifikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ummiyani Ummiyani
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:39
Last Modified: 24 Apr 2025 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44286

Actions (login required)

View Item
View Item