Pengaruh Media Pembelajaran "Jam" dalam Meningkatkan Pemahaman Waktu dalam Bahasa Arab bagi Siswi pada SMP Plus Maryam binti Ibrahim Aceh Besar

Siti Maulidar, 180202148 (2025) Pengaruh Media Pembelajaran "Jam" dalam Meningkatkan Pemahaman Waktu dalam Bahasa Arab bagi Siswi pada SMP Plus Maryam binti Ibrahim Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang media pembelajaran] Text (Membahas tentang media pembelajaran)
lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Membahas tentang media pembelajaran] Text (Membahas tentang media pembelajaran)
lengkap-1-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan, peneliti menemukan bahwa siswi kelas satu di SMP Plus Maryam binti Ibrahim Aceh Besar belum memahami materi tentang pemahaman waktu dalam bahasa Arab dengan baik. Mereka mengatakan bahwa materi ini sulit, sehingga saat proses pembelajaran berlangsung, mereka merasa bosan dan jenuh. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media yang sesuai dalam proses pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam materi pemahaman waktu (jam). Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran "jam" untuk melihat pengaruh penggunaannya dalam meningkatkan pemahaman waktu dalam bahasa Arab pada siswi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran "jam" berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman waktu dalam bahasa Arab pada siswi. Selain itu, penggunaan media pembelajaran "jam" terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman waktu dalam bahasa Arab, sebagaimana terlihat dari hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test, di mana tingkat signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Maulidar
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:49
Last Modified: 24 Apr 2025 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44297

Actions (login required)

View Item
View Item