Ida Yulistia, 210206093 (2025) Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMKS Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Supervisi kepala sekolah, peningkatan mutu guru, mutu pendidikan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ida Yulistia, 210206093, FTK, MPI, 085277167625.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Supervisi kepala sekolah, peningkatan mutu guru, mutu pendidikan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ida Yulistia, 210206093, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Mutu pendidikan menunjukkan bahwa kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah peran kepala sekolah dalam melakukan supervisi terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKS Darul Ihsan Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 16 guru di sekolah tersebut. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu guru, dengan nilai signifikansi ANOVA sebesar 0,000 (p < 0,05) dan koefisien regresi 0,667. Ini berarti setiap peningkatan 1% dalam supervisi kepala sekolah akan meningkatkan mutu guru sebesar 0,667. Hasil ini bermakna supervisi kepala sekolah (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu guru (Y). Penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas, di mana supervisi yang efektif tidak hanya berfungsi sebagai pengawasan, tetapi juga sebagai alat untuk memberikan dukungan dan umpan balik konstruktif kepada guru. Dengan demikian, peningkatan mutu guru melalui supervisi kepala sekolah diharapkan dapat berdampak positif pada hasil belajar siswa dan mutu pendidikan secara keseluruhan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ida Yulistia |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:42 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44476 |