Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Magnet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Kelas V Di SD Negeri Lamreung Aceh Besar

Nurul Hikmah, 210209055 (2025) Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Magnet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Kelas V Di SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode demonstrasi berbantuan media magnet] Text (Metode demonstrasi berbantuan media magnet)
210209055 NURUL HIKMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[thumbnail of Metode demonstrasi berbantuan media magnet] Text (Metode demonstrasi berbantuan media magnet)
210209055 NURUL HIKMAH-1-25.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (576kB)

Abstract

Kendala yang dihadapi peserta didik meliputi kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dan tidak mengetahui bentuk magnet serta pengaruhnya terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal ipas. Rumusan dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode demonstrasi berbantuan media magnet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet kelas V di SD Negeri Lamreung Aceh Besar? bagaimana aktivitas peserta didik dalam penerapan metode demonstrasi berbantuan media magnet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet kelas V di SD Negeri Lamreung Aceh Besar? bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media magnet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet kelas V di SD Negeri Lamreung Aceh Besar? jenis metode penelitian tindakan kelas ini melibatkan 29 siswa. Aktivitas guru meningkat dari 70,37% pada siklus I menjadi 90,74% pada siklus II. Sementara itu, aktivitas siswa meningkat dari 66,00% pada siklus I menjadi 90,11% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari 62,10% pada siklus I menjadi 86,21% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan metode demonstrasi berbantuan media magnet terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Lamreung Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:21
Last Modified: 29 Apr 2025 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44494

Actions (login required)

View Item
View Item