Rita Zahara, 201004006 (2025) Penerapan Metode Gamifikasi Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Bacaan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.
![[thumbnail of Penerapan Metode Gamifikasi Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Bacaan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rita Zahara, 201004006 , PASCA, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
![[thumbnail of Penerapan Metode Gamifikasi Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Bacaan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Di Dayah Darul Hikmah, Aceh Besar-Kajhu, proses pembelajaran bahasa Arab menghadapi banyak tantangan, yang paling menonjol adalah kurangnya inovasi dalam metode dan sarana pembelajaran yang digunakan. Pendekatan pengajaran tradisional yang kurang melibatkan interaksi kreatif menyebabkan lemahnya motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Arab, terutama pada keterampilan membaca. Kebanyakan pelajar mengalami kekurangan dalam penguasaan kosakata, membaca teks bahasa Arab, dan memahami teks secara umum. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Gamifikasi dengan menggunakan alat bantu bergambar dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Gamifikasi menggunakan gambar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa, serta mengetahui respon siswa ketika menerapkan metode ini di kelas III SMP (IX.A). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Dayah Darul Hikmah Aceh Besar-Kajhu yang berjumlah 482 orang, sedangkan sampel penelitian dibatasi hanya pada siswa kelas III Sekolah Menengah Pertama (IX.A) yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Gamifikasi dengan menggunakan alat peraga bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman teks siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa, serta metode tersebut mendapat respon positif dari siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,06<25,66>2,80. Hasil ini menunjukkan penolakan hipotesis nol dan penerimaan hipotesis alternatif. Peneliti menyimpulkan melalui analisis respon siswa bahwa penerapan metode ini bersifat positif, karena hasil angket menunjukkan sebanyak 79,6% siswa lebih menyukai pembelajaran dengan cara dan media ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rita Zahara |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 09:31 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 09:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44623 |