Pitri Anisa, 200209142 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Papan Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pemula Siswa Kelas I Di MIN 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Papan Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pemula Siswa Kelas I Di MIN 8 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I - PITRI ANISA - 200209142.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (725kB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Papan Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pemula Siswa Kelas I Di MIN 8 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PITRI ANISA - 200209142.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran yaitu terkait siswa yang masih mengalami penghambatan dalam menulis, terdapat 20 orang siswa yang belum mengenal huruf, belum mengetahui bentuk dari setiap huruf sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami setiap kata. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media papan huruf untuk meningkatkan keterampilan menulis pemula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil keterampilan menulis pemula dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media papan huruf di kelas I di MIN 8 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil keterampilan menulis pemula siswa dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media papan huruf di kelas 1 di MIN 8 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 1B MIN 8 Banda Aceh yang berjumlah 41 siswa dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) individual 75 dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivias guru pada siklus I yaitu 71,05% dan terjadi peningkatan menjadi 86,84%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 63,15% dan siklus II terjadi peningkatan menjadi 81,57%. Hasil keterampilan menulis pemula siswa pada siklus I yaitu 73,17% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87,80% termasuk kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media papan huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis pemula pada siswa kelas I di MIN 8 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Pitri Anisa |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:34 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44631 |