Keefektifan Media Papan Alfabet Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MIN 9 Aceh Tenggara

Nur Ilmi Redky Arta, 200209103 (2025) Keefektifan Media Papan Alfabet Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MIN 9 Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Keefektifan Media Papan Alfabet] Text (Keefektifan Media Papan Alfabet)
SKRIPSI FIX ILMI 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Keefektifan Media Papan Alfabet] Text (Keefektifan Media Papan Alfabet)
SKRIPSI FIX ILMI 1 - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I saat proses pembelajaran. Kemampuan membaca permulaan tidak dapat dikuasai oleh siswa dikarenakan minimnya pemahaman literasi awal berupa pengenalan huruf dan suka kata. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa adalah dengan penerapan media papan alfabet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media papan alfabet terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIN 9 Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu jenis pre-experimental design dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang dimana penentuan sampel jika semua anggota populasi digunakan se.bagai sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas I berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang meliputi pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test dengan bantuan SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 30.0. Adapun hasil dan uji wilcoxon signed rank test diperoleh nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan me.dia papan alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIN 9 Aceh Tenggara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Ilmi Redky Arta
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:36
Last Modified: 30 Apr 2025 08:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44693

Actions (login required)

View Item
View Item