Wilda Hasanah, 210209078 (2025) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Aceh Tamiang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Diorama]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wilda Hasanah, 210209078 (2025) cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
![[thumbnail of Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Diorama]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wilda Hasanah, 210209078 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurang aktifnya siswa pada saat proses pembelajaran, kurangnya perhatian siswa saat guru menjelaskan pembelajaran dan minimnya penggunaan pendekatan atau media dalam mendukung pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar sehingga berdampak pada hasil belajar nya yang rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dengan bantuan media diorama. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dan (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media diorama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VB MIN 2 Aceh Tamiang dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Lembar aktivitas guru, (2) Lembar aktivitas siswa dan (3) Soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase yaitu 75,45% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh skor persentase 91,20% dengan kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor persentase yaitu 70,90% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh skor persentase 89,60% dengan kategori baik sekali. (3) Hasil belajar siswa siklus I diperoleh skor persentase yaitu 50% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor persentase 86,84% dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Wilda Hasanah |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:40 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:40 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44714 |