Aliifah Rizqi, 210210059 (2025) Analisis Dampak Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Jam Belajar Sekolah Di RA Takrimah Tungkob Aceh. GENERASI EMAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8 (1): 11. pp. 124-134. ISSN 2620-5270
![[thumbnail of Analisis Dampak Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Jam Belajar Sekolah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aliifah Rizqi, 210210059.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (285kB)
Abstract
RA Takrimah Tungkob, Aceh, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menekankan pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan dampak keterlibatan orang tua selama jam belajar di RA Takrimah Tungkob, dengan fokus pada pengaruhnya terhadap kemandirian, motivasi belajar, dan perkembangan sosial anak. Penelitian ini menganalisis tentang dampak positif dan negatif keterlibatan langsung orang tua selama jam sekolah terhadap anak, serta memberikan wawasan dalam konteks pendidikan anak usia dini di Aceh yang belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan tiga guru dan tiga orang tua sebagai partisipan penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan pada September 2024. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua memiliki dampak positif terhadap komunikasi antara guru dan orang tua serta memberikan dukungan emosional bagi anak. Namun, keterlibatan yang berlebihan selama jam belajar berdampak negatif pada fokus dan kemandirian anak. Aktivitas di luar jam belajar reguler, seperti acara sekolah, ditemukan lebih sesuai untuk mendorong keterlibatan orang tua secara efektif.Penelitian ini menekankan perlunya keterlibatan orang tua yang terstruktur dan dibatasi pada aktivitas di luar jam belajar inti untuk meningkatkan hasil belajar tanpa mengganggu fokus atau kemandirian anak. Keterbatasan utama dari penelitian ini adalah ukuran sampel yang kecil, sehingga membatasi generalisasi temuan. Penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar dan beragam disarankan untuk memvalidasi dan memperluas temuan ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Anak Usia Dini, Motivasi, Kemandirian, Keterampilan Sosial, Komunikasi, Kelas. |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aliifah Rizqi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:05 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 04:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44724 |