Pengaruh Penggunaan Media Kolam Bola Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat di SD Negeri Banda Aceh

Maghfirah Akhmaliyah, 210209139 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Kolam Bola Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat di SD Negeri Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Kolam Bola Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat di Sd Negeri Banda Aceh] Text (Pengaruh Penggunaan Media Kolam Bola Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat di Sd Negeri Banda Aceh)
SKRIPSI_Maghfirah_SIAP Ubah di Tempat Print.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Kolam Bola Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat di Sd Negeri Banda Aceh] Text (Pengaruh Penggunaan Media Kolam Bola Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat di Sd Negeri Banda Aceh)
SKRIPSI_Maghfirah_SIAP Ubah di Tempat Print - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Operasi hitung bilangan bulat, khususnya penambahan dan pengurangan, merupakan bagian dasar matematika yang melibatkan penggabungan dan pengurangan angka tanpa pecahan. Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung dasar, khususnya penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kesulitan ini sering kali disebabkan oleh keterbatasan siswa dalam memahami konsep-konsep dasar operasi hitung tersebut, seperti bilangan negatif atau bilangan dengan tanda berbeda. Salah satu media yang diyakini mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam operasi hitung bilangan bulat adalah media Kolam Bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kolam bola terhadap kemampuan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental tipe posttest-only control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VI di SD Negeri 38 Banda Aceh, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik U Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05), artinya bahwa penggunaan media kolam bola memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat. Temuan ini memberikan bukti empiris bahwa media kolam bola bisa menjadi alat pembelajaran yang sangat berguna dalam pendidikan matematika, khususnya dalam membantu siswa memahami operasi hitung bilangan bulat negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar > 512.7 Teori Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maghfirah Akhmalia
Date Deposited: 30 Apr 2025 10:00
Last Modified: 30 Apr 2025 10:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44768

Actions (login required)

View Item
View Item