Peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Mahasiswa.

Fadhal Al-Khalidi, 210303016 (2025) Peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Mahasiswa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Mahasiswa.] Text (Peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Mahasiswa.)
SIDANG SKRIPSI FADHAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Mahasiswa.] Text (Peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Mahasiswa.)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang peran Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar- Raniry dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar di kalangan mahasiswa UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an mahasiswa UIN Ar-Raniry dan peran Ma’had Al- Jami’ah UIN Ar-Raniry dalam meningkatkan kualitas bacaan Al- Qur’an mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ma’had Al- Jami’ah UIN Ar-Raniry memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an mahasiswa melalui berbagai upaya seperti memberikan motivasi, menerapkan metode talqin, memperbaiki bacaan mahasiswa, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mengarahkan mahasiswa untuk tidak melakukan maksiat. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry antara lain kurangnya penguasaan kaidah tajwid, penguasaan pada pelafalan dan perbedaan tingkat kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an. Solusi dari semua kendala tersebut membutuhkan latihan yang terus menerus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fadhal Al Khalidi
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:17
Last Modified: 30 Apr 2025 08:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44833

Actions (login required)

View Item
View Item