Aldi Almalizar, 180802026 (2025) Analisis Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Desa Pada Pelayanan Publik Di Desa Apha Kecamatan Labuhanhaji. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Desa Pada Pelayanan Publik Di Desa Apha Kecamatan Labuhanhaji]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aldi Almalizar, 180802026, FISIP, IAN - COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Analisis Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Desa Pada Pelayanan Publik Di Desa Apha Kecamatan Labuhanhaji]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aldi Almalizar, 180802026, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Desa Apha merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Labuhanhaji. Desa Apha dipimpin oleh seorang Kepala Desa. Sebagai seorang pemimpin, Kepala Desa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan publik yang baik dan professional kepada masyarakat. Namun berdasarkan observasi awal bahwa pelayanan publik di Desa Apha masih belum efektif dan efesien. Kepala Desa masih kurang bertanggung jawab terutama dalam menyelesaikan pelayanan publik kepada masyarakat. Kepala Desa seringkali tidak ada ditempat pada saat jam kerja sehingga pelayanan publik menjadi tidak efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Data Primer Tersier dan Data Sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Profesionalisme kepemimpinan kepala Desa Apha dalam koordinasi sudah baik, Kepala Desa selalu melakukan koordinasi dengan perangkat desa mengenai pelayanan publik kepada masyarakat. Koordinasi yang dilakukan oleh Kepala Desa melalui rapat, diskusi, dan musyawarah. Selain itu dalam pengambilan keputusan Kepala Desa selalu melibatkan semua pihak. Kepala Desa selalu melakukan komunikasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Komunikasi yang dilakukan baik secara langsung maupun melalui media sosial. Selain Kepala Desa selalu memberikan nasehat kepada perangkat desa yang bertujuan agar meningkatkan kinerjanya. Namun ada indikator yang belum berjalan dengan baik. Pertama komunikasi, informasi tentang pelayanan yang disampaikan masih belum memadai. Kedua tanggungjawab, Kepala Desa sering tidak ada ditempat sehingga proses pelayanan kurang efektif. Faktor penghambat profesionalisme kepemimpinan Kepala Desa pada pelayanan publik di desa Apha ialah tingkat pengetahuan dan kemampuan masih rendah, kurangnya kedisplinan, dan sarana yang belum memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme, Kepemimpinan Kepala Desa, Pelayanan Publik |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Aldi Almalizar |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 10:13 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 10:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44860 |