Evaluasi User Experience Website Online Public Accsess Catalog (OPAC) Oleh Mahasiswa Uin Ar-Raniry Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Aflidar Firya, 180503132 (2025) Evaluasi User Experience Website Online Public Accsess Catalog (OPAC) Oleh Mahasiswa Uin Ar-Raniry Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE ONLINE PUBLIC  ACCSESS CATALOG (OPAC) OLEH MAHASISWA UIN   AR-RANIRY MENGGUNAKAN METODE USER  EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)] Text (EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE ONLINE PUBLIC ACCSESS CATALOG (OPAC) OLEH MAHASISWA UIN AR-RANIRY MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ))
File Skrip Aflidar Firya Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE ONLINE PUBLIC  ACCSESS CATALOG (OPAC) OLEH MAHASISWA UIN   AR-RANIRY MENGGUNAKAN METODE USER  EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)] Text (EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE ONLINE PUBLIC ACCSESS CATALOG (OPAC) OLEH MAHASISWA UIN AR-RANIRY MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ))
Skripsi Full Aflidar Firya.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna (user experience) terhadap website Online Public Access Catalog (OPAC) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Evaluasi ini difokuskan pada enam aspek utama, yaitu daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), keandalan (dependability), stimulasi (stimulation), dan kebaruan (novelty), guna mengukur sejauh mana website OPAC mampu memenuhi kebutuhan dan harapan mahasiswa sebagai pengguna layanan digital perpustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 100 responden mahasiswa dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa lima dari enam dimensi UEQ, yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, dan stimulation, memperoleh nilai rata-rata di atas 0,8 yang menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap tampilan antarmuka, kemudahan penggunaan, efisiensi sistem, keandalan fitur, serta tingkat keterlibatan dalam penggunaan OPAC. Namun, pada aspek novelty atau kebaruan, hasil evaluasi menunjukkan skor rata-rata sebesar 0,498 yang termasuk dalam kategori netral, bahkan pada indikator tertentu ditemukan penilaian negatif. Hal ini mengindikasikan bahwa website OPAC belum memberikan pengalaman fitur baru yang menarik bagi pengguna.

Kata Kunci: OPAC, User Experience, User Experience Questionnaire

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Aflidar Firya
Date Deposited: 02 May 2025 03:26
Last Modified: 02 May 2025 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44988

Actions (login required)

View Item
View Item