Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan di MAS Darul Ulum Banda Aceh

Sri Nanda Piga Putri, 210206001 (2025) Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan di MAS Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Total Quality Management (TQM)] Text (Penerapan Total Quality Management (TQM))
BISMILLAH TERIMA YUDISIUM AAMIIN 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Total Quality Management (TQM)] Text (Penerapan Total Quality Management (TQM))
BISMILLAH TERIMA YUDISIUM AAMIIN 1 - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung proses pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan. MAS Darul Ulum Banda Aceh, layanan perpustakaan sebelumnya mengalami berbagai kendala seperti keterbatasan fasilitas, sistem pelayanan yang belum optimal, dan rendahnya kepuasan pengguna. Untuk menjawab tantangan tersebut, pihak madrasah mulai menerapkan prinsip-prinsip TQM guna meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi, dan evaluasi penerapan TQM dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan TQM dilakukan dengan penetapan tujuan layanan yang berorientasi pada kebutuhan pengguna serta pengadaan fasilitas pendukung; (2) implementasi dilakukan melalui pembenahan layanan fisik dan digital serta pelibatan tenaga kependidikan yang berkompeten; dan (3) evaluasi menunjukkan hasil yang positif, ditandai dengan meningkatnya kepuasan pengguna serta perbaikan layanan yang berkelanjutan. Penerapan TQM terbukti berdampak positif terhadap peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Oleh karena itu, pelatihan berkelanjutan bagi tenaga perpustakaan serta penguatan sistem evaluasi sangat dianjurkan agar pengelolaan layanan dapat terus berkembang secara optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 023 Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Nanda Piga Putri
Date Deposited: 06 May 2025 05:11
Last Modified: 06 May 2025 05:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45186

Actions (login required)

View Item
View Item