Jahratun Nisa, 210206009 (2025) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik di MIN 5 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Implemetasi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NEW BISMILLAH SKRIPSI JAHRATUN NISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Implemetasi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NEW BISMILLAH SKRIPSI JAHRATUN NISA - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Manajemen kelas merupakan kegiatan-kegiatan yang diupayakan oleh seorang guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal serta meningkatkan kreativitas peserta didik. Manajemen kelas yang efektif merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pengembangan kreativitas siswa. Dalam konteks ini, wali kelas serta guru mata pelajaran memiliki peran strategis dalam merancang dan mengatur manajemen kelas yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wali kelas dan guru mata pelajaran dalam mendukung pembelajaran serta mengidentifikasi kendala dalam implementasinya di MIN 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru kelas, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa cara guru meningkatkan kreativitas peserta didik di MIN 5 Banda Aceh yaitu dengan cara membuat modul, silabus, dan minggu efektif, dan kemudian menyesuaikan dengan tujuan pembelajarannya. Namun, peningkatan kreativitas peserta didik ini menghadapi beberapa kendala yaitu keberagaman karakteristik siswa, keterbatasan ruang dan fasilitas pembelajaran, jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas, perbedaan kemampuan belajar, serta faktor lingkungan seperti kebisingan dan kondisi fisik ruangan yang kurang nyaman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Jahratun Nisa |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:53 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45207 |