Pengelolaan Taman Madrasah Sebagai Sumber Belajar Siswa di MIN 20 Aceh Besar

Fathurrahman Zakiy, 210206126 (2025) Pengelolaan Taman Madrasah Sebagai Sumber Belajar Siswa di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan, Taman Madrasah, Sumber Belajar] Text (Pengelolaan, Taman Madrasah, Sumber Belajar)
Fathurrahman Zakiy, 210206126, FTK, MPI, 085366042609.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Pengelolaan, Taman Madrasah, Sumber Belajar] Text (Pengelolaan, Taman Madrasah, Sumber Belajar)
Fathurrahman Zakiy, 210206126, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Taman madrasah memiliki potensi besar sebagai sarana belajar yang dapat mendukung proses pembelajaran siswa secara lebih interaktif dan menyenangkan. Namun, di MIN 20 Aceh Besar, pengelolaan taman sebagai sumber belajar belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan taman madrasah dilakukan serta bagaimana taman dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini menggali informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, waka sarpras, dan guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan taman madrasah terdiri dari tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, taman dirancang agar selaras dengan kebutuhan pembelajaran siswa, mulai dari pemilihan lokasi, jenis tanaman, hingga desain taman yang ramah edukasi. Tahap pelaksanaannya, guru dan siswa ikut berpartisipasi dalam merawat taman serta memanfaatkannya sebagai media belajar. Sementara itu, evaluasi dilakukan untuk memastikan taman tetap terawat dan berfungsi optimal bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pengelolaan yang baik, taman madrasah dapat menjadi ruang belajar yang inspiratif, membantu siswa memahami pelajaran secara lebih nyata, serta menumbuhkan kesadaran mereka terhadap lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya keterlibatan lebih lanjut dari guru, siswa, serta masyarakat sekitar untuk memastikan taman dapat terus dimanfaatkan secara maksimal dalam mendukung pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fathurrahman Zakiy
Date Deposited: 19 May 2025 02:15
Last Modified: 19 May 2025 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45225

Actions (login required)

View Item
View Item