Keysha Alya Jayavita, 210202086 (2025) Penerapan Kitab Bidayatul Hidayah pada Pembelajaran Balaghah di Dayah Modern Darul Ulum. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Kitab Bidayatul Hidayah pada Pembelajaran Balaghah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI REVISI 3 SETELAH SIDANG-210202086-2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Penerapan Kitab Bidayatul Hidayah pada Pembelajaran Balaghah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI REVISI 3 SETELAH SIDANG-210202086-2025 - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan kitab "Bidayatul Hidayah" dalam pembelajaran mata pelajaran balaghah guna meningkatkan kemampuan pemahaman siswi terhadap ilmu balaghah. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswi terhadap penggunaan kitab tersebut dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain satu kelompok (one-group design) pada sampel yang terdiri dari 31 siswi kelas tiga di Ma’had Modern Darul Ulum. Peneliti menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan efektivitas pembelajaran, serta angket untuk mengetahui tanggapan siswi terhadap pembelajaran balaghah menggunakan kitab Bidayatul Hidayah. Data dianalisis menggunakan program SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji T untuk sampel berpasangan (paired sample T-test), dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil angket juga menunjukkan bahwa tanggapan positif siswi 99% lebih banyak dari pada respon negatif yaitu 1% terhadap penggunaan kitab Bidayatul Hidayah dalam pembelajaran balaghah. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan kitab Bidayatul Hidayah dalam pengajaran balaghah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswi dalam memahami ilmu balaghah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Keysha Alya Jayavita |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:55 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45363 |