Hafizh Mirza, 200201005 (2025) Penerapan Video Upin Ipin pada Materi Pengenalan Bulan Hijriyah untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Siswa SD N 57 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Video Upin Ipin pada Materi Pengenalan Bulan Hijriyah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hafizh Mirza, 200201005 (2025) cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Penerapan Video Upin Ipin pada Materi Pengenalan Bulan Hijriyah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hafizh Mirza, 200201005 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Dalam era digital saat ini, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif menjadi kebutuhan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada materi yang memerlukan kemampuan menghafal seperti pengenalan bulan Hijriyah. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan hafalan siswa terhadap urutan bulan Hijriyah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan video Upin Ipin dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa kelas V SDN 57 Banda Aceh. Secara teoritis, video pembelajaran yang disukai siswa seperti Upin Ipin dapat merangsang minat belajar dan mempermudah proses mengingat informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta tes hafalan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Aktivitas guru meningkat dari skor 82,7 pada siklus I menjadi 89,9 pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari skor 77,5 menjadi 86,25. Sementara itu, hasil tes hafalan siswa meningkat dari skor 58,8 pada siklus I menjadi 97 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan video Upin Ipin sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa terhadap materi bulan Hijriyah pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hafizh Mirza |
Date Deposited: | 06 May 2025 05:07 |
Last Modified: | 06 May 2025 05:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45384 |