Efektifitas penggunaan metode Drill and Practice dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam pada siswa smp plus Maryam Binti Ibrahim

Sabrina, 180202225 (2025) Efektifitas penggunaan metode Drill and Practice dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam pada siswa smp plus Maryam Binti Ibrahim. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Drill and Practice, Kemampuan Menulis] Text (Drill and Practice, Kemampuan Menulis)
Sabrina, 180202225, FTK, PBA, 082294129454.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Drill and Practice, Kemampuan Menulis] Text (Drill and Practice, Kemampuan Menulis)
Sabrina, 180202225, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan metode Drill and Practice untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMP Plus Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian (One-group Pretest-Posttest), dan dalam pengumpulan data peneliti melakukan uji pre-test, post-test dan observasi. Adapun sampel yang dipilih peneliti untuk penelitian ini adalah siswi kelas satu A sekolah menengah pertama yang berjumlah 28 orang. Lima orang siswa di antaranya sedang sakit ketika penelitian ini dilakukan dan hasilnya metode Drill and Practice terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil uji pra (pretest) dan uji pasca (postest) dengan melakukan Uji-T (Paired Sample T-Test). Peneliti menemukan bahwa tingkat signifikansi (sig. 2-sided 0,001) lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Drill and Practice efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa SMP Plus Maryam Binti Ibrahim. Sedangkan untuk hasil observasi langsung pada aktivitas siswa dan sekolah memperoleh nilai sangat baik yaitu 90%, pada analisis data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sabrina Sabrina
Date Deposited: 07 May 2025 08:56
Last Modified: 07 May 2025 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45442

Actions (login required)

View Item
View Item