Yulfida, 210202180 (2025) Pembelajaran Nahwu di Ma’had Dar Maryam Binti Ibrahim Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pembelajaran, Nahwu]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yulfida, 210202180, FTK, PBA, 082272911929.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Pembelajaran, Nahwu]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yulfida, 210202180, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren merupakan sesuatu yang diharuskan karena pendidikan dalam pondok pesantren merupakan sistem pendidikan dengan pendekatan keagamaan, dalam pembelajaran sangat penting dan diharuskan kepada para santri agar dapat mempelajari mengenai pentingnya ilmu Nahwu, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) bagaimana pembelajaran ilmu Nahwu di Ma’had Dar Maryam Aceh Besar 2) bagaimana kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ilmu Nahwu di Ma’had Dar Maryam Aceh Besar dan 3) bagaimana upaya mengatasi kendala pembelajaran ilmu Nahwu di Ma’had Dar Maryam Aceh Besar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian melalui penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya observasi dan wawancara. Sumber datanya dari data primer informan. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Nahwu santri Ma’had Dar Maryam Aceh Besar yaitu: 1) pembelajaran ilmu Nahwu menyenangkan dan membuat santri semangat belajar ilmu Nahwu karena menggunakan metode ceramah dan metode praktek 2) kendala dalam pembelajaran ilmu Nahwu yaitu fasilitas belum mendukung dikarenakan, LCD belum ada, kemudian untuk smartphone belum diperbolehkan untuk santri 3) mengatasi kendala pembelajaran yaitu menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menggunakan metode sesuai dengan gaya belajar santri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Yulfida Yulfida |
Date Deposited: | 07 May 2025 08:59 |
Last Modified: | 07 May 2025 08:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45443 |