Penerapan Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Peserta Didik di SMAN 5 Banda Aceh

Fitri Rahmadhani, 190213064 (2025) Penerapan Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Peserta Didik di SMAN 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Layanan Klasikal, pemahaman karir] Text (Layanan Klasikal, pemahaman karir)
Fitri Rahmadhani, 190213064, FTK, BK, 082246635174.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Layanan Klasikal, pemahaman karir] Text (Layanan Klasikal, pemahaman karir)
Fitri Rahmadhani, 190213064, FTK, BK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pemahaman karir yang baik merupakan salah satu aspek penting dalam proses perkembangan peserta didik, khususnya dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. Namun, masih banyak peserta didik yang mengalami kebingungan dalam merencanakan pilihan karirnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan klasikal dalam meningkatkan pemahaman karir peserta didik di SMAN 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan klasikal di SMAN 5 Banda Aceh telah berjalan dengan baik, khususnya bagi siswa kelas XII yang mendapatkan jam khusus untuk bimbingan karir. Layanan ini dirancang secara sistematis dan pelaksanaannya relatif minim hambatan, berkat perencanaan yang matang dan kesiapan siswa dalam menerima materi. Kendala yang dihadapi terutama berasal dari kurangnya minat sebagian siswa terhadap bimbingan karir. Untuk mengatasi hal ini, guru BK menerapkan berbagai strategi, seperti memahami latar belakang ketidaktertarikan siswa, mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, menggunakan metode interaktif, serta memberikan motivasi dan dukungan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fitri Rahmadhani
Date Deposited: 08 May 2025 02:33
Last Modified: 08 May 2025 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45463

Actions (login required)

View Item
View Item