Efektivitas Metode Eja dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MIN 3 Aceh Besar)

Laina Miska, 200202081 (2024) Efektivitas Metode Eja dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MIN 3 Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Metode Eja dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan  Kemampuan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MIN 3 Aceh Besar)] Text (Efektivitas Metode Eja dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MIN 3 Aceh Besar))
SKRIPSI_LENGKAP_LAINA MISKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[thumbnail of Efektivitas Metode Eja dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan  Kemampuan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MIN 3 Aceh Besar)] Text (Efektivitas Metode Eja dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MIN 3 Aceh Besar))
SKRIPSI_LENGKAP_LAINA MISKA - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa Arab di MIN 3 Aceh Besar, peneliti menemukan bahwa siswa masih menghadapi kendala dalam belajar membaca. Beberapa siswa belum bisa membaca bahasa Arab dengan lancar dan masih terbata-bata. Mereka juga kesulitan dalam membaca tanda baca sehingga sering melakukan kesalahan saat membacanya, bahkan ada beberapa siswa yang tidak bisa membaca sama sekali karena tidak mengetahui huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembelajaran membaca pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui keefektifan metode eja menggunakan media flash card dalam pembelajaran membaca. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian eksperimen, dan peneliti menggunakan Quasi Eksperimental dengan jenis Non Equivalent Control Group Design. Peneliti menggunakan instrument observasi langsung dan instrument tes untuk mengumpulkan data. Sampel dalam penelitian ini adalah dua puluh lima siswa di kelas eksperimen dan dua puluh lima siswa di kelas kontrol. Hasil kegiatan mengajar guru pada kelas eksperimen mendapat penilaian sangat baik dengan nilai 92%. Sedangkan untuk hasil kegiatan belajar siswa mendapat penilaian sangat baik dengan skor 97%. Sedangkan untuk hasil kegiatan mengajar guru pada kelas kontrol mendapat penilaian sangat baik, dengan skor 90%, dan hasil kegiatan pembelajaran siswa mendapat penilaian sangat baik dengan skor 90%. Hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan metode eja dengan media flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, berdasarkan hasil Independent Samples Test dan taraf signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode eja menggunakan media flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Laina Miska
Date Deposited: 20 May 2025 03:38
Last Modified: 20 May 2025 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45617

Actions (login required)

View Item
View Item