Hilda Aulia, 210201074 (2025) Analisis Pembentukan Karakter Islami Di SDIT Cendekia Darussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis Pembentukan Karakter Islami]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hilda Aulia, 210201074, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Request a copy
![[thumbnail of Analisis Pembentukan Karakter Islami Di Sdit Cendekia Darussalam Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hilda Aulia, 210201074, FTK, PAI - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Analisis Pembentukan Karakter Islami di SDIT Cendekia Darussalam Aceh Besar Pembentukan karakter Islami sejak dini sangat penting dalam menghadapi tantangan zaman dan pengaruh negatif dari lingkungan luar. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada siswa. SDIT Cendekia Darussalam menjadi salah satu contoh sekolah yang menerapkan pendidikan karakter Islami secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pembentukan karakter Islami dilaksanakan di SDIT Cendekia Darussalam Aceh Besar serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan siswa. Pembentukan karakter Islami di SDIT Cendekia Darussalam dilakukan melalui pembiasaan ibadah harian seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam seluruh mata pelajaran. Peran keteladanan guru sangat dominan. Hambatan yang dihadapi antara lain pengaruh negatif lingkungan luar, kurangnya kesadaran siswa, dan minimnya peran serta orang tua. Proses pembentukan karakter Islami di SDIT Cendekia Darussalam berjalan cukup efektif melalui pendekatan pembiasaan, keteladanan, dan integrasi kurikulum. Namun, hambatan eksternal membutuhkan kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk mengoptimalkan hasil pendidikan karakter yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter, Karakter Islami, Pendidikan Agama Islam, SDIT Cendekia Darussalam. |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hilda Aulia |
Date Deposited: | 20 May 2025 08:24 |
Last Modified: | 20 May 2025 08:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45643 |