Analisis Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP

M. Riski Maulana, 200205043 (2024) Analisis Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pemahaman Konsep Materi Bangu Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP] Text (Analisis Pemahaman Konsep Materi Bangu Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP)
Skripsi_Lengkap_M Riski Maulana_200205043.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)
[thumbnail of Analisis Pemahaman Konsep Materi Bangu Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP] Text (Analisis Pemahaman Konsep Materi Bangu Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP)
Skripsi_Bab 1_M Riski Maulana_200205043.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang penting dalam pendidikan, yang berperan sebagai dasar dan kerangka bagi perkembangan IPTEK serta memiliki manfaat luas dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang studi. Namun, masih terdapat masalah pemahaman konsep matematika yang rendah di kalangan siswa, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk gaya belajar yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi Bangun Ruang berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Tahfidzh Lampoh Beut. Subyek penelitianm ini adalah siswa kelas VIII SMP Tahfidzh Lampoh Beut berjumlah 19 siswa. Data dari penelitian ini diperoleh dari tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika di antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial atau kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika, sementara siswa dengan gaya belajar auditorial memenuhi empat indikator, yaitu indikator 1, 2, 3, dan 5. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi tiga indikator, yaitu indikator 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: M Riski Maulana
Date Deposited: 22 May 2025 08:46
Last Modified: 22 May 2025 08:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45669

Actions (login required)

View Item
View Item