Penerapan Strategi Jigsaw dan Bithaqah Al As-ilah wal Ajwibah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 MTsS Al-Muslim di Bireuen

Risna Mauliza, 211004012 (2025) Penerapan Strategi Jigsaw dan Bithaqah Al As-ilah wal Ajwibah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 MTsS Al-Muslim di Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Strategi Jigsaw dan Bithaqah Al As-ilah wal Ajwibah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 MTsS Al-Muslim di Bireuen] Text (Penerapan Strategi Jigsaw dan Bithaqah Al As-ilah wal Ajwibah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 MTsS Al-Muslim di Bireuen)
03-full tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[thumbnail of Penerapan Strategi Jigsaw dan Bithaqah Al As-ilah wal Ajwibah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 MTsS Al-Muslim di Bireuen] Text (Penerapan Strategi Jigsaw dan Bithaqah Al As-ilah wal Ajwibah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 MTsS Al-Muslim di Bireuen)
03-full tesis - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Setelah melakukan pengamatan langsung, peneliti menemukan masalah bahwa siswa perempuan tidak sepenuhnya memahami teks yang dijelaskan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh teks yang diajarkan menggunakan metode lama. Selain itu, terdapat kurangnya gaya dan media yang menarik dalam proses pembelajaran, menyebabkan mereka merasa bosan selama belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas penerapan strategi Jigsaw dengan kartu tanya jawab untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dan untuk menentukan efektivitas respon siswa kelas dua di MTsS Al-Muslim terhadap penerapan strategi Jigsaw dengan kartu tanya jawab untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan desain Pre-test dan Post-Test Control Group. Populasi penelitian ini terdiri dari semua siswa di MTsS Al Muslim di Bireuen dari kelas satu hingga tiga, berjumlah 419 siswa, dan sampel dipilih secara acak menggunakan metode cluster, yaitu kelas II (W) dan kelas II (H). Peneliti menggunakan tes dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Setelah menganalisis data, ditemukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf 5%, yaitu 7,31 > 2,01, dengan hasil kuesioner sebesar 89% (sangat tinggi). Ini menunjukkan bahwa penerapan metode strategi Jigsaw dengan kartu tanya jawab efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa di MTsS Al Muslim di Bireuen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Risna Mauliza
Date Deposited: 26 May 2025 08:25
Last Modified: 26 May 2025 08:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45700

Actions (login required)

View Item
View Item