Pengembangan Komik Digital pada Materi Pecahan untuk Siswa SMP

Nadia Fitri Muliawan, 200205021 (2024) Pengembangan Komik Digital pada Materi Pecahan untuk Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Komik Digital pada Materi Pecahan untuk Siswa SMP] Text (Pengembangan Komik Digital pada Materi Pecahan untuk Siswa SMP)
Nadia Fitri Muliawan, 200205021, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Pengembangan Komik Digital pada Materi Pecahan untuk Siswa SMP] Text (Pengembangan Komik Digital pada Materi Pecahan untuk Siswa SMP)
Nadia Fitri Muliawan, 200205021, FTK, PMA - Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep pecahan di kalangan siswa SMP seringkali menghadapi
berbagai kendala, seperti kesulitan dalam membedakan antara pembilang dan
penyebut, memahami konsep pecahan senilai, serta mengonversi soal cerita
menjadi model matematika yang tepat. Tantangan ini diperparah oleh metode
pengajaran konvensional yang kurang interaktif, sehingga banyak siswa belum
menguasai konsep pecahan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan dan kepraktisan komik digital
yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep pecahan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan
pendekatan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and
Disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 9 Banda Aceh. Hasil dari pengembangan komik digital ini berupa file pdf
yang dapat diakses secara online sehingga memudahkan siswa dalam proses
pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan lembar angket validasi dan
kepraktisan yang dinilai oleh ahli, guru, dan siswa. Berdasarkan hasil validasi,
komik digital ini memperoleh skor 85,90% dari ahli media, 84,97% dari ahli
materi, dan 100% dari ahli bahasa, semuanya berada dalam kategori sangat valid.
Komik ini juga dinilai sangat praktis dengan skor 93,75% dari guru dan 93,43%
dari siswa. Kesimpulannya, komik digital ini terbukti valid dan praktis dalam
membantu siswa memahami konsep pecahan di SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar > 512.9 Dasar-dasar Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadia Fitri Muliawan
Date Deposited: 28 May 2025 04:29
Last Modified: 28 May 2025 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45717

Actions (login required)

View Item
View Item