Pengembangan Video Animasi Interaktif pada pembelajaran Muhadatsah di Madrasah Tsanawiyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Banda Aceh

Dara Fanny Farhany, 200202112 (2024) Pengembangan Video Animasi Interaktif pada pembelajaran Muhadatsah di Madrasah Tsanawiyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Video Animasi Interaktif pada pembelajaran Muhadatsah] Text (Pengembangan Video Animasi Interaktif pada pembelajaran Muhadatsah)
Dara Fanny Farhany, 200202112,, FTK, PBA - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Pengembangan Video Animasi Interaktif pada pembelajaran Muhadatsah] Text (Pengembangan Video Animasi Interaktif pada pembelajaran Muhadatsah)
Dara Fanny Farhany, 200202112,, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas 2 MTsT Daarut Tahfidz Al – Ikhlas Banda Aceh maka permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan pada materi percakapan. Pada kesulitan berbicara karena kurangnya vasilitas seperti halnya kurangnya media pembelajaran dan hanya menggunakan buku dari sekolah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui langkah – langkah pengembangan Video Animasi Interaktif dalam pembelajaran percakapan kepada siswa kelas 2 MTsT Daarut Tahfidz Al – Ikhlas Banda Aceh (2) untuk mengetahui validasi Video Animasi Interaktif dalam pembelajaran percakapan kepada siswa kelas 2 MTsT Daarut Tahfidz Al – Ikhlas Banda Aceh. Hasil dari langkah – langkah pengembangan Video Animasi Interaktif menggunakan model Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap : Perecanaan (Planning), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Development). Mengetahui kelayakn produk dilakukan melalui validasi oleh ahli media, materi dan bahasa, dengan persentase validasi ahli media mencapai 88%, dan validasi ahli materi dan bahasa mencapai 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Video Animasi Interaktif ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Interaktif, Pembelajaran Percakapan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dara Fanny Farhany
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:06
Last Modified: 17 Jun 2025 07:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45814

Actions (login required)

View Item
View Item