Murdani, 190202181 (2024) Penggunaan Koran Bahasa Arab Dengan Model STAD Dalam Mengajarkan Maharah Qiraah. Other thesis, UIN Ar-raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Koran Bahasa Arab Dengan Model STAD Dalam Mengajarkan Maharah Qiraah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Murdani, 190202181, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Penggunaan Koran Bahasa Arab Dengan Model STAD Dalam Mengajarkan Maharah Qiraah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Peneletian ini dilatarbelakangi oleh proses pengajaran Maharah Qiraah di MA Babun al-Najah Band Aceh masih menggunakan metode tradisional dalam menyajikan teks buku-buku tradistional yang membosankan dan sulit. Mereka menghafal kosa kata namun tidak memahami teks bahasa Arab dan isinya, sehingga pengetahuan mereka tidak lengkap tentang istilah-istilah yang tidak digunakan siswa dalam pekerjaan sehari-hari. Upaya yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan koran berbahasa Arab realistik modern yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa tersebut. penggunaan media ini dipadukan dengan metode STAD yang merupakan metode pendidikan kooperatif yang paling sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan koran berbahasa Arab dengan Model STAD dalam mengajarkan keterampilan membaca, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan koran berbahasa Arab dengan Model STAD dalam mengajarkan keterampilan membaca pada siswa di SMA Pesantren Bab al-Najah, Banda Aceh. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan subjek One Group Pre-Test, Post Test Design. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner, Soal Pree Test dan Post Test. Sampel yang peneliti pilih untuk penelitian ini adalah siswa kelas sebelas yang berjumlah 20 siswa. Hasil peneletiannya adalah: Penggunaan koran berbahasa Arab dengan Model STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajarkan keterampilan membaca siswa. Peneliti menggunakan hasil Paired Sample T-Test untuk memperoleh tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed 0.000), yang lebih kecil dari hasil uji (Paired Sample T-Test). Tingkat signifikansi (0,05) menunjukkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Adapun respon siswa terhadap penggunaan koran berbahasa arab dengan metode STAD dalam mengajarkan keterampilan membaca siswa adalah positif, dengan persentase hasil sebesar 63,36% lebih besar dibandingkan dengan hasil negatif sebesar 36,82%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Murdani Murdani |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 08:25 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 08:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45816 |