Zulfira Indria, 190209089 (2024) Penerapan Teknik The Frayer Model untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa melalui Media Flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas III SDN Lamklat Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan Teknik The Frayer Model untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa melalui Media Flashcard]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zulfira Indria, 190209089, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Penerapan Teknik The Frayer Model untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa melalui Media Flashcard]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover - BAB 1 Fira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Rendahnya penguasaan kosakata pada siswa disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam komunikasi menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga mengakibatkan siswa mengalami kesulitan berbicara dan menulis, dan faktor lainnya juga guru masih kurang menggunakan model dan media pembelajaran. Media yang digunakan masih sebatas buku paket dan media gambar. Untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, diterapkan teknik The Frayer Model dan penggunaan media Flashcard. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Aktivitas guru dalam penerapan teknik the frayer model dan penggunaaan media flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, 2) Aktivitas siswa dalam penerapan teknik the frayer model dan penggunaan media flashcard untuk mrningkatkan penguasaan kosakata siswa 3) Menganalisis hasil penguasaan kosakata siswa melalui penerapan Teknik The Frayer Model dan penggunaan Media Flashcard di kelas III di SDN Lamklat Aceh Besar. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen digunakan lembar observasi aktivitas guru, peserta didik dan hasil tes. Hasil analisis aktivitas guru siklus I 62,50% siklus II 77,27% dan siklus III 86,36%. Aktivitas siswa siklus I 73,86% siklus II 78,40% dan siklus III 85,22%. Peningkatan penguasaan kosakata siswa siklus I 68,3%,siklus II 77,3% sedangkan siklus III 90,34% mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik Frayer Model media flashcard dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kosakata siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zulfira Indria Fira |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:59 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45829 |