Mahda Lena, 170202146 (2024) Penerapan Imla’ Manqul dalam Pembelajaran Unsur-Unsur Bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mukhayyarah Banda Aceh (Penelitian Deskriptif). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Imla’ Manqul, Unsur-Unsur Bahasa Arab]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mahda Lena, 170202146, FTK, PBA, 081240422304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Imla’ Manqul, Unsur-Unsur Bahasa Arab]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mahda Lena, 170202146, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mukhayyarah Banda Aceh merupakan salah satu Taman Pendidikan yang pelayanan dan mutunya memenuhi standar nasional bagi kelangsungan kegiatan belajar mengajar. Mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa merupakan mata pelajaran dari kurikulum akademik sesuai standar nasional. Salah satu materi yang diajarkan adalah pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab dengan metode memindahkan unsur-unsur bahasa Arab dari satu tempat ke tempat lain atau buku tulis. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode imla’ manqul dalam pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mukhayyarah Banda Aceh serta masalah yang dihadapi dalam pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab dengan menggunakan metode imla’ manqul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan populasi penelitian ini adalah seluruh pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mukhayyarah Banda Aceh. Dan sampel penelitian ini adalah pengajar siswa TPA level A-C. Adapun hasil penelitian yang diperoleh, bahwa penerapan metode imla’ manqul dalam pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab sangat baik, karena pengajar mampu mengajarkan materi dengan baik. Dalam proses pengajarannya, pengajar memberikan contoh tulisan kepada siswa, kemudian mengarahkan mereka untuk memindahkan unsur-unsur bahasa Arab ke buku tulis. Kemudian pengajar menilai satu-persatu setelah menulis, sedangkan untuk mengoreksi apabila terdapat kesalahan pada tulisan maka akan diberi tanda ( ___ ), lalu diberikan nilai yang sesuai. Adapun masalah yang dihadapi pada pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab berupa sebagian dari siswa tidak suka menulis, malas dan lambat dalam menulis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mahda Lena |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45837 |