Sidiq Fajar, 180201146 (2024) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Salat Berjamaah Kelas VII Di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Materi Salat Berjamaah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sidiq Fajar, 180201146, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
![[thumbnail of Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Materi Salat Berjamaah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penggunaan media pada pembelajaran PAI materi salat berjamaah di SMP Negeri 1 Banda Aceh hanya terbatas pada buku paket, sehingga siswa-siswa kurang termotivasi belajar dan hal tersebut berakibat pada rendahnya nilai hasil belajar. Penelitian ini berupaya menerapkan media audio visual pada pembelajaran PAI materi salat berjamaah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan media audio visual pada mata pelajaran salat berjamaah dan peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media audio visual pada materi salat berjamaah di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII-9 yang berjumlah 33 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes, observasi terhadap aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, guru mata pelajaran berperan sebagai observer. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase dan rata-rata. Hasil penggunaan media audio visual di kelas VII-9 menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I 56,25% dengan kategori kurang, meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I dari hasil obeservasi 75% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kategori baik sekali. Sedangkan Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 70% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kategori baik. Hasil PTK yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajar PAI materi salat berjamaah melalui penggunaan media audio visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sidiq Fajar |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45866 |