Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peduli terhadap Mahkluk Hidup di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar

Muzahar, 140209124 (2018) Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peduli terhadap Mahkluk Hidup di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Muzahar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (932kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan media yang kurang menarik dan bervariasi serta media yang digunakan pada saat proses pembelajaran belum sesuai dengan materi ajar sehingga siswa menjadi jenuh dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media realia pada materi tema peduli terhadap mahkluk hidup di kelas IV MIN 8 Aceh Besar. Rancangan penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan dasain Non Equivalent Control Grup Dasign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 8 Aceh Besar yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVa dan kelas IVb, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan lembar angket minat belajar siswa dan lembar soal Pre-Test dan Post-Test. Analisis data angket minat belajar siswa menggunakan rumus persentase dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar siswa dengan menggunakan media realia pada materi tema peduli terhadap mahkluk hidup di kelas IV MIN 8 Aceh Besar dengan nilai rata-rata dari jumlah keseluruhan indikator termasuk ke dalam kategori sangat tinggi yaitu 86, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai Pre-Test rata-rata 61,09 dan nilai Post-Test rata-rata 79,81. Hasil uji-t menunjukkan t_(hitung )=10,33 dengan derajat kebebasan 61, diperoleh t_(tabel )= 1,67. Hasil ini menunjukkan t_(hitung )>t_(tabel,) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Irwandi, S.Pd.I, MA. 2.Daniah, S.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muzahar Mursidin
Date Deposited: 04 Feb 2019 10:14
Last Modified: 06 Feb 2019 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item
View Item