Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Diniyah di SMPN 2 Banda Aceh

Tanwir Syah Putra, 211323871 (2018) Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Diniyah di SMPN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang evaluasi pembelajaran pendidikan diniyah]
Preview
Text (membahas tentang evaluasi pembelajaran pendidikan diniyah)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Evaluasi Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Evaluasi Pembelajaran)
Tanwir Syah Putra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Diniyah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banda Aceh”. Pendidikan Diniyah merupakan sebuah upaya berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik dan mengarahkannya pada penghayatan dan pengamalan ajaran dan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses belajar pada siswa karena pengaruh interaksi dengan lingkungan yang direncanakan oleh guru. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses evaluasi pembelajan Pendidikan Diniyah di SMPN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis Kualitatif Deskriptif. Sumber data-data berasal dari sumber primer dan sekunder dan dikumpulkan dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dalam evaluasi pembelajaran Diniyah di SMPN 2 Banda Aceh, dapat peneliti simpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi sudah menggunakan prosedur evaluasi. Dalam langkah perencanaan evaluasi langkah yang dilakukan meliputi merumuskan tujuan evaluasi, menetapkan aspek yang akan dievaluasi, menetapkan teknik dan alat yang digunakan dalam evaluasi, serta menentukan kriteria yang digunakan yang digunakan dan menentukan frekuensi evaluasi yang akan dilakukan. Pada tahap pelaksanaan evaluasi yaitu melakukan pengukuran terhadap apa yang telah ditentukan dalam tujuan pembelajaran. Penilaian yang dilakukan meliputi pengukuran terhadap ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Semua aspek di evaluasi dengan menggunakan teknik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Jailani, S. Ag., M.Ag 2. Saifullah Maysa S. Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Pendidikan Diniyah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tanwir Syah Putra
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:25
Last Modified: 12 Apr 2019 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item
View Item