Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Aceh Selatan

Silvia Dewi, 140210008 (2019) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Aceh Selatan)
FULL SKRIPSI SILVIA DEWI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan dan kepekaan terhadap bahan alam sekitar anak dengan mengembangkan metode pembelajaran yang dapat menarik anak untuk mengamati dan belajar tentang alam yaitu metode demonstrasi. Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Aceh Selatan, yaitu masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru, anak kurang diberi kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya tentang suatu hal, dan anak belum mampu memahami tentang alam sehingga rendahnya kemampuan anak untuk memahami alam dan lingkungan sekitar. Tujuan Untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini dengan metode demonstrasi di Tk Dharma Wanita Aceh Selatan dan untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TK Dharma Wanita Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian melibatkan 15 orang anak. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan persentase kegiatan anak dan persentase aktivitas guru. Dengan menggunakan II siklus. Kemampuan meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini pada siklus I dengan skor 51,43 dengan katagori Berkembang Sesuai Harapan dan pada siklus II dengan skor 66.67 dengan katagori Berkembang Sangat Baik. Sedangkan Siklus I Nilai rata-rata 3,95 dalam katagori Cukup Baik dan pertemuan kedua mendapatkan nilai rata-rata 4,38 dalam katagori Baik, siklus II pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata 4,19 dalam katagori Baik dan pertemuan kedua mendapatkan nilai rata-rata 4,61 dalam katagori Sangat Baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis sangat meningkat dengan media bahan alam melalui penggunaan metode demostrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Loeziana Uce, S. Ag., M. Ag 2. Rafidah Hanum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Kecerdasan Naturalis, dan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.5 Seni kreatif dan pekerjaan tanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Silvia Dewi Silvia
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:22
Last Modified: 04 Jul 2019 07:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item
View Item